Iklan

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Jenis perawatan kanker untuk anak-anak

Terkena kanker di suai yang masih sangat muda tentunya bukan hal yang mudah untuk dijalani oleh anak-anak. Namun dengan semakin canggihnya bidang kedokteran, terdapat banyak kemungkinan bagi anak untuk sembuh dari kanker yang dideritanya.
Berikut adalah beberapa perawatan yang bisa dilakukan anak untuk mengatasi kanker, seperti dilansir oleh Kids Health. Tentunya setiap perawatan berbeda-beda bergantung pada jenis kanker yang diderita oleh anak.
1. Operasi
Untuk beberapa tipe kanker, operasi bisa dilakukan untuk menghilangkan kanker. Namun untuk beberapa jenis kanker seperti leukemia dan limfa, dibutuhkan lebih dari operasi untuk menyembuhkannya. Anak yang memiliki kanker dan tumor padat yang sudah menyebar ke organ tubuh bisa menjalani operasi untuk menghilangkan kanker secara efektif. Biasanya operasi dibarengi dengan melakukan kemoterapi atau radiasi.
2. Kemoterapi
Kemoterapi adalah perawatan yang dilakukan untuk menghilangkan sel kanker dari tubuh. Anak bisa diberikan kemoterapi melalui pembuluh darah atau melalui mulut. Obat akan masuk ke aliran darah dan bekerja dengan membunuh sel kanker di seluruh bagian tubuh. Jenis kemoterapi dan berapa lamanya melakukan kemoterapi bergantung pada keadaan anak dan jenis kanker yang dideritanya.
Sayangnya seringkali kemoterapi bisa memberikan efek samping yang tak menyenangkan pada anak seperti rambut rontok, anemia, pendarahan, mual, pusing, rasa lelah yang berlebihan, masalah kulit, dan lainnya. Dalam jangka panjang, kemoterapi juga bisa menyebabkan masalah pertumbuhan, kerusakan organ, atau peningkatan risiko kanker lainnya.
3. Transplantasi sumsum tulang
Anak yang terkena kanker jenis tertentu bisa menjalani transplantasi sumsum tulang. Sumsum tulang bertugas untuk memproduksi sel darah. Jika anak terkena tipe kanker yang mempengaruhi fungsi sel darah, melakukan transplantasi sumsum tulang akan memberikan kesempatan untuk memproduksi sel darah yang baru dan sehat.
4. Radiasi
Radiasi adalah salah satu perawatan yang umum untuk kanker. Anak yang menerima terapi radiasi akan dirawat menggunakan partikel energi tinggi atau gelombang yang bisa menghancurkan sel kanker. Biasanya terapi radiasi akan dilakukan bersamaan dengan kemoterapi dan operasi. Radiasi bisa memberikan efek samping seperti menurunnya tingkat kesuburan.
Tujuan terpenting untuk anak yang terkena kanker adalah untuk menyembuhkan mereka. Untuk anak yang sudah cukup besar, sangat baik jika anak juga dilibatkan dan diberi informasi secara jelas mengenai perawatan yang mereka jalani. Tentunya orang tua harus menggunakan bahasa yang bisa dipahami oleh anak-anak. Orang tua juga harus memberikan dukungan penuh serta selalu berusaha membuat mereka merasa lebih baik.

Ditulis oleh: -
SJUTA IT
Published: 2013-08-24T07:46:00-07:00
Title:Jenis perawatan kanker untuk anak-anak
Rating: 5 On 221210 reviews

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg Reddit
Terimakasih telah membaca artikel Jenis perawatan kanker untuk anak-anak. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://cektemplan.blogspot.com/2013/08/jenis-perawatan-kanker-untuk-anak-anak.html. Jika ingin copy paste artikel ini, jangan lupa untuk mencantumkan link sumber.

Tidak ada komentar:

Copyright 2013 | Template Created by Mas Bintang - SJUTAIT